Beberapa hari yang lalu , dalam perjalanan gue dan mbak Eka menuju Connect, kami ngobrol tentang Basic Knowledge yang harus dimiliki manusia masa kini, yang kami percayai salah satunya adalah Bahasa Inggris. Mbak Eka awalnya menceritakan tentang salah satu karyawannya yang gk bisa mengoperasikan printer, yang berkaitan dengan cerita lama gue tentang mahasiswa Universitas-dekat-rumah gue yang kalo mau ngeprint aja bingung. eh tenyata yaa si karyawan lulusan universitas tersebut. #nottomention

Gue bilang sama mbak Eka, andai aja mereka bisa Bahasa Inggris, mereka gk akan bingung dengan perintah-perintah di Microsoft Office/Windows. Sayangnya, banyak orang yang terkesan “takut” dengan Bahasa Inggris, gue pribadi sering banget nemu yang tipe begini. Padahal kan yang mereka bilang pinter bahasa inggris juga awalnya gk pinter dulu. Gue pribadi belajar bahasa Inggris dari kelas 4 SD, sampe sekarang masih terus belajar, dan masih belum lancar aja bahasa Inggrisnya. Hahaha. Well, at least I tried.

Bukankah harusnya begitu? Kalo gk bisa kita harus usaha dong biar bisa, ya gk? Apalagi, bisa dibilang Bahasa Inggris saat ini sudah bisa dikategorikan dalam Basic Knowledge, Pengetahuan Dasar (seenggaknya buat gue dan mbak Eka). Dengan mengategorikan Bahasa Inggris dalam Pengetahuan Dasar, gue ingin menyatakan bahwa Bahasa Inggris penting untuk dikuasai oleh generasi masa kini. Kenapa Bahasa Inggris penting untuk dikuasai? Berikut simpulan pribadi gue tentang 5 Alasan Mengapa Kita Harus Bisa Bahasa Inggris :

  1. This is 2017, guys!

Yes, this is 2017. Sekarang udah tahun 2017. Dimana Dunia sudah menjadi tanpa batas. Globalisasi bukan hanya tentang perekonomian, tapi dalam berbagai sektor. Untuk meningkatkan kompetensi pribadi agar mampu bersaing dan terlibat dalam Globalisasi, kita wajib bisa Bahasa Inggris. Masa kalah sama imigran Philipine yang masuk ke Indonesia untuk jadi IRT? Gk mau dong kalah sama mereka.

  1. Memperluas Kesempatan Mendapatkan Pekerjaan

Dengan memiliki kemampuan bahasa Inggris, peluang mendapat pekerjaan akan menjadi lebih besar. Karena mereka yang bisa Bahasa Inggris bisa mendapatkan pekerjaan tidak hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri. Di dalam negeri, perusahaan-perusahaan internasional juga lebih memilih pelamar yang bisa bahasa inggris. Beberapa Kementrian juga menetapkan standard TOEFL bagi pelamar.

  1. Bisa Belajar dan Menikmati Banyak Hal

Dengan perkembangan internet yang makin pesat, akses terhadap ilmu dan hiburan menjadi semakin mudah. Salah satu teman bahkan belajar Design Grafis dan Product Branding dari Youtube channel dan website yang berbasis bahasa Inggris. Jadi lebih hemat dibandingkan harus kuliah 4 tahun dulu di Universitas. Dan bagi yang suka nonton, bisa menikmati banyak film atau drama berkualitas jika bisa bahasa Inggris, karena film-film Box Office semua disajikan dalam bahasa Inggris, dan jika mendownload atau streaming film-film tersebut, subtitle yang pertama disajikan pasti bahasa Inggris. Drama Korea pun begitu, kalo mau ngikutin drama real time ya harus bisa bahasa Inggris, karena subtitle pertama yang disajikan pasti Bahasa Inggris. Belum lagi berbagai instruksi baik dalam Komputer dan Handphone, semuanya disajikan dalam bahasa Inggris.

  1. Memiliki Banyak Teman Dari Berbagai Penjuru Dunia

Berbagai aplikasi chatting dan sosial media tersedia di tangan melalui handphone kita, jika kita bisa Bahasa Inggris, kita bisa berinteraksi dengan pemilik akun dari negara lain. Gue bahkan bisa berbalas komen dengan youtuber favorite gue karena bisa komen dalam bahasa inggris.

  1. Kemudahan Bisnis

Bukan hanya membantu para pencari kerja, bahasa inggris juga bisa membantu para entepreneur dalam membangun usahanya. Entepreneur yang bisa berbahasa inggris bisa menawarkan bisnisnya kepada investor luar negeri. Mereka bisa mengekspor dan mengimpor barang dari dan ke luar negeri karena pasti gk bakal bingung lagi dengan permintaan-permintaan partnernya yang dituliskan dalam bahasa Inggris.

Wooaaahh, ternyata bahasa Inggris sangat-sangat bermanfaat yaa di kehidupan masa kini. Dari pemaparan 5 Alasan Mengapa Kita Harus Bisa Bahasa Inggris ini kamu udah teryakinkan dong untuk belajar bahasa inggris sekarang juga, ya kan? Kalo kamu butuh bantuan tentang dimana kamu bisa belajar bahasa inggris dengan efektif, mungkin kamu bisa baca dulu tulisan gue kemarin tentang Connect Lampung (click here).

Semoga tulisan ini bisa bantu membuka pandangan dan memberi manfaat bagi kalian semuaaa, see you on another post!

 

It's only fair to share...Share on FacebookTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on TumblrShare on Google+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *